JASA INSTALL ULANG LAPTOP/PC/KOMPUTER ON CALL DENPASAR/BADUNG - KONTAK KAMI DI: 082-339-33-1424 ATAU BERKIRIM EMAIL KE: SUARDANA@LIVE.COM

6 Motivasi yang Bakal Buat Anda Selalu Semangat Menjadi Seorang Entrepreneur

Menjadi seorang entrepreneur bukanlah hal yang mudah, banyak sekali rintangan dan permasalahan lain yang dapat menghiasi perjuangan seorang pengusaha. Selain kerja keras, seorang pengusaha sangatlah membutuhkan motivasi diri, karena dalam menjalankan usaha pasti memerlukan sebuah semangat dan tekad yang kuat.

Tanpa adanya motivasi, maka pengusaha akan sulit untuk bertindak bahkan pada saat Ia memulai untuk memutuskan membangun sebuah usaha atau menjadi seorang entrepreneur. Padahal dalam menjalankan bisnis, tindakan merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pengusaha, jika tidak ada tindakan maka tidak akan ada hasil yang didapatkan.


Apakah Anda bertanya-tanya, bagaimana cara pengusaha mengatasi hambatan, mempertahankan fokus, menjalankan kedisiplinan dan menciptakan sebuah perusahaan yang sukses? Apakah karena ia genius? Atau apakah sebuah kebetulan yang menguntungkan? Kira-kira kunci sukses apa yang mereka lakukan?

Sebagian besar jawaban dari pertanyaan tersebut terletak pada motivasi. Mengapa seperti itu? Mengutip halaman entrepreneur.com, Psychology Today mendefinisikan motivasi sebagai “keinginan untuk melakukan sesuatu.” Sedangkan untuk definisi yang lebih rinci lagi adalah “Sebuah proses yang memulai, membimbing, dan mempertahankan perilaku yang berorientasi pada tujuan.”

Jika Anda melihat seorang pengusaha yang sedang naik daun berarti hal yang Anda lihat adalah motivasi yang luas biasa yang berkaitan dengan perilaku berorientasi pada tujuan. Sebuah motivasi itu sama seperti dorongan dari mesin jet, yakni sesuatu yang dapat mengubah seorang individu dari seseorang yang pasif menjadi pemimpin yang aktif.

Apakah Anda ingin motivasi yang bisa membantu Anda mengembalikan semangat untuk menjadi seorang pengusaha? Simak penjelasannya berikut ini:


Mereka tahu apa yang seharusnya dilakukan dalam hidup
Pengertian motivasi sangatlah luas dan juga bervariasi, sehingga sering kali menjadi sesuatu yang rumit untuk dipahami. Namun, sama beragamnya dengan teori motivational, ada satu hal yang menyatukan semua pengertian tersebut, yakni Motivasi itu menjawab semua mengapa.

Setiap manusia tentunya pernah bergulat dengan pertanyaan mengenai suatu eksistensi yang besar seperti, “mengapa saya di sini?” Apa tujuan saya? Ataupun lainnya. Meskipun jawaban yang pasti dan sudah didukung dengan data terhadap pertanyaan existential itu hampir tidak pernah terjadi dalam beberapa millennium terakhir ini, setidaknya Anda bisa memilih sebuah jawab untuk diri Anda sendiri.

Dan hanya ada satu jawaban yang mungkin dapat menyelesaikan semua pertanyaan mengenai eksistensi seseorang, yakni tujuan dari kehadiran seseorang yang menjadi prinsip dasar kehidupan. Anda harus mengetahui mengapa Anda hidup agar dapat benar-benar hidup.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah untuk menentukan tujuan Anda, melalui pertanyaan mengapa. Setelah Anda menjawab pertanyaan mengapa tersebut, berarti Anda telah membuka pintu pertama di jalan Anda menuju sebuah motivasi yang konstan.


Mereka mengetahui apa yang harus mereka lakukan setiap hari

Motivasi memang dimulai dengan cara yang sangat luas, namun bukan berarti tidak mendetail dan tidak terbatas. Jika Anda sudah mengetahui apa yang seharusnya Anda lakukan dalam hidup, maka Anda dapat menentukan apa yang harus Anda lakukan setiap hari.

Cara tersebut merupakan salah satu definisi dari pengusaha sukses. Mereka akan menghadapi hari-hari mereka dengan beragam jenis tugas, sasaran, dan tentunya tujuan yang sudah mereka tetapkan. Leo Babauta seorang penulis blog Zen Habits mengakan sebuah istilah yang disebut dengan ‘Big Rocks’ yang mewakili hal-hal besar atau penting yang ingin Anda selesaikan pada minggu ini.

Jika memiliki beberapa big rocks yang menanti Anda tiap minggu, selesaikanlah pada minggu itu juga agar Anda tetap sesuai dengan tujuan yang telah Anda buat sejak awal. Mengetahui bahwa ada batuan besar yang akan Anda hadapi dan mengetahui bahwa Anda juga harus menyelesaikannya dapat menciptakan rasa motivasi pada diri Anda yang tidak akan berhenti sepanjang hari.


Mereka mempersiapkan mental mereka setiap hari
Memiliki perencanaan mengenai apa saja yang Anda lakukan setiap hari bukanlah langkah terakhir untuk mendapatkan motivasi sebagai seorang pengusaha. Mengutip sebuah akun Instagram motivational, before5am mengatakan bahwa persiapan mental merupakan salah satu kunci untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Dalam akun tersebut membagikan 4 hacks atau tips bagaimana meningkatkan motivasi diri sendiri:
• Musik bisa menjadi cara tercepat untuk membuat pikiran Anda menjadi powerful state
• Di dalam ponsel Anda, Anda bisa membuat sebuah album dari hal-hal yang Anda inginkan dalam kehidupan
• Tempatkan tujuan-tujuan Anda berada tepat di samping kasur Anda
• Lihat beberapa materi motivational di dalam YouTube

Sebenarnya ada begitu banyak teknik yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan mental Anda setiap harinya, namun satu prinsip yang berlaku adalah persiapan mental yang dilakukan sebelum Anda memulai hari Anda adalah kunci untuk memenuhi kebutuhan motivasi sepanjang hari Anda.

Mereka menolak untuk mengandalkan disiplin diri saja
Terdapat sebuah aura rasa hormat dan harga diri yang mengelilingi seseorang yang berdisiplin diri. Sebenarnya, bagaimanapun berdisiplin diri sama seperti otot. Dan sama pula seperti semua otot, kemauan yang keras bisa sangat melelahkan.

Apalagi untuk disiplin diri, sangat terbatas. Anda tentu pernah mendengar nama Benjamin Franklin bukan? Ia terkenal karena mengejar kesempurnaan moral. Pada akhir eksperimen itu, Ia menuliskan bahwa, “I never arrived at the perfection, I had been so ambitious of obtaining, but fell far short of it.”

Self-discipline akan membuat diri Anda kecewa, namun dengan sebuah motivasi yang dalam dan mendasar akan mendukung Anda. Anda bisa menggunakan disiplin diri untuk meningkatkan usaha Anda, tetapi jangan mengandalkannya.

Mereka menulis peraturan untuk diri mereka sendiri
Sebuah motivasi diri berarti Anda memiliki keberanian untuk menciptakan peraturan di dalam hidupnya sendiri. Pada saat yang sama, semua orang akan dikelilingi oleh orang lain, kelompok dan juga pengaruh dari luar diri seseorang tersebut. Kehadiran kelompok-kelompok ini tentu saja akan mempengaruhi persepsi, tujuan, visi, dan juga impian seseorang.

Namun ada satu hal yang dapat mengatasi tekanan eksternal tersebut dan dengan membuat buku panduan di dalam hidupnya sendiri pun dapat menciptakan sebuah motivasi diri yang luar biasa.

Dalam kata lain maksudnya adalah seseorang yang memiliki motivasi diri menetapkan standar untuk diri mereka sendiri, dan selalu menciptakan beberapa standar yang cukup tinggi seperti:
• Saya akan bangun jam 5 pagi setiap hari
• Saya tidak akan memakan gula
• Saya tidak akan menonton TV
• Saya akan bekerja di setiap akhir pekan
• Saya akan menghilangkan orang yang berpengaruh buruk dari hidup saya

Standard-standard tinggi di atas memang sulit untuk dipertahankan. Namun, mereka dapat menghasilkan sejumlah besar motivasi yang akhirnya dapat menghasilkan prestasi yang tinggi pula.

Mereka tidak pernah melupakan tujuannya
Dengan hanya menetapkan sebuah tujuan di dalam hidup Anda, maka dengan sendirinya Anda akan terdorong ke dalam arus motivasi tanpa henti. Oleh karena itulah Anda harus selalu mengingat tujuan tersebut sepanjang waktu.

Anda bisa mengingat tujuan tersebut dengan berbagai cara, misalnya dengan membuatkan catatan pengingat di telepon genggam Anda, gantunglah tujuan-tujuan tersebut di dinding kamar Anda, biarkan tujuan tersebut membayang-bayangi pikiran Anda dimanapun dan juga kapanpun. Jagalah tujuan-tujuan tersebut tepat di pikiran, dan Anda pun tidak akan pernah kehilangan motivasi tersebut.

Nah, kira-kira seperti itulah cara para pengusaha sukses untuk membuat dirinya selalu termotivasi untuk menjalankan bisnis mereka hingga sukses. Kesimpulan yang dapat Anda dapatkan adalah motivasi diri merupakan salah satu kekuatan mendasar yang membedakan pengusaha sukses dari pengusaha lain yang terhuyung-huyung dari startup atau bisnis lain yang diabaikan oleh orang lain.

Memotivasi diri dapat membuat Anda benci pada hal yang berkaitan dengan keberuntungan, menolak komponen disiplin diri, dan melihat pada kekuatan tujuan untuk mencapai pencapaian tertinggi di dalam kehidupan. Motivasi diri akan memberikan Anda semangat dan energi, sehingga sifat dan mental Anda tidak mudah goyah pada permasalahan yang akan Anda hadapi kelak.

sumber : http://blog.pawoon.com





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika Ada Yang Kurang Mohon Dikoreksi di Kolom Komentar..
(Auto Approve)