JASA INSTALL ULANG LAPTOP/PC/KOMPUTER ON CALL DENPASAR/BADUNG - KONTAK KAMI DI: 082-339-33-1424 ATAU BERKIRIM EMAIL KE: SUARDANA@LIVE.COM

Panduan Cara Membuat Blog Di Blogspot

Panduan Membuat Blog Di Blogspot

Untuk membuat sebuah situs blog gratis di Blogspot, segera menuju BlogSpot.com dan log in menggunakan akun Google Anda. Bila tidak memiliki akun gmail, Anda bisa membuatnya tanpa perlu membayar sepeserpun.

Untuk pengguna yang baru pertama kali log in, Anda akan melihat pilihan untuk menggunakan identitas dari profil Google Plus Anda, atau Anda bisa gunakan profil Blogspot. Sebaiknya gunakan profil dari Google Plus.


 Setelah log in, klik “New blog” atau klik link berikut untuk langsung menuju ke sana: Create a free blog

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan nama dan pilih domain Anda. Hindari menggunakan nama personal sebagai nama domain. Lalu Anda bisa pilih template blog yang bisa Anda ganti kapan saja, dan klik “Create Blog.”

Sekarang blog Anda sudah selesai dibuat, tapi langkah Anda belum berhenti sampai di sini. Ada beberapa pengaturan yang Anda butuhkan agar blog BlogSpot Anda mudah digunakan.

Sekarang Anda berada di dashboard Blogspot dimana Anda akan melihat backend blog Anda. Dari sini Anda bisa menuju “Setting” dan lakukan perubahan untuk meningkatkan visibilitas blog Anda.

Kemudian Anda menuju “Posts” > “New post” dan mulai menulis postingan pertama blog Anda.

Tapi sebelum menulis postingan pertama, sebaiknya Anda menuju “Pages” dan buat setidaknya satu halaman tentang “About” untuk menjelaskan siapa Anda dan isi dari blog Anda.

Yang tidak kalah penting, Anda perlu mengubah template blog karena default-nya cenderung membosankan. Ada daftar template Blogspot gratis yang bisa Anda unduh dan install di blog. Sebagai alernatif, Anda bisa menuju “Setting” > “Template” dan ganti template dari sana.

Pada halaman ini Anda bisa juga tambahkan logo pada header blog BlosSpot Anda dan tambahkan atau ganti berbagai fitur lainnya.

Setelah Anda memiliki beberapa postingan blog, Anda bisa menuju “Setting” > “Earnings” dan aktifkan AdSense untuk blog Anda. Ini membantu Anda menghasilkan uang dari blog BlogSpot. Mari kenali istilah umum dalam blogging beserta definisinya.

Blogging memang jadi cara tepat untuk berbagi informasi dan berita tentang topik tertentu. Bila Anda merasa memiliki sesuatu yang istimewa dan unik untuk dibagikan, tak ada platform yang lebih baik untuk menuliskannya selain sebuah blog.

Sebenarnya aktivitas blogging bukan hanya sekedar kegiatan dimana Anda bisa mengungkapkan sesuatu yang menjadi “passion” Anda, tapi juga jadi sumber untuk menghasilkan uang.



Tapi sebelum sampai ke sana, mari lebih dulu kita pelajari beberapa hal mendasar berikut:

Memilih Topik Untuk Blog Anda

Sebelum masuk ke proses sebenarnya dari pengaturan blog, Anda perlu tahu apa yang akan Anda blog-kan. Sering kali, blogger baru terpengaruh cerita blogger yang sukses mendapat pundi-pundi uang hanya dalam beberapa jam sehari. Cerita ini memang benar, tapi hanya untuk blog yang sudah kokoh berdiri. Awalnya, Anda harus siap mengalokasikan banyak waktu dan usaha pada projek Anda.

Satu hal pertama yang harus Anda lakukan ketika memutuskan menjadi blogger adalah menentukan topik blog. Ini bisa terdengar sederhana, tapi kenyataannya ini jadi aspek paling penting untuk membuat diri Anda menonjol dalam kompetisi dan mendapatkan banyak uang. Fokuslah pada 3 hal berikut dalam menentukan topik untuk blog Anda:

Passion
Pilih topik yang Anda memiliki passion di dalamnya. Topik yang jadi pilihan Anda harus bisa membuat Anda tak sabar bangun di pagi hari dan mulai menulis. Contoh sederhananya sepereti resep kesehatan.

Anda bisa sangat peduli tentang kesehatan orang yang Anda sayangi dan menghabiskan banyak waktu membuat resep masakan baru yang tidak hanya baik untuk keluarga Anda, tapi juga yang rasanya enak. Lagi pula, bila semua makanan memiliki rasa yang lezat, kita tentu akan memilihnya dibanding makanan cepat saji seperti burger dan kentang goreng.

USP
Topik pilihan Anda harus memiliki USP (Unique Selling Point). Anda harus bisa membuat diri Anda berbeda dari ribuan orang lain yang melakukan blogging. Anda harus siap menjadi ahli dalam bidang tertentu atau tak ada yang akan tertarik dengan apa yang Anda tulis. Tanyakan skill apa yang Anda miliki, apa yang membuat skill Anda unik dan kenapa orang akan mendengarkan Anda, bukan orang lain.

Seperti contoh sebelumnya, ada ratusan blogger makanan yang menulis tentang makanan sehat. Apa yang membuat Anda berbeda dari mereka? Apakah Anda memiliki kualifikasi pendidikan yang tepat untuk bicara tentang makanan sehat? Apakah Anda melakukan sesi khusus melalui Skype untuk menjalin kedekatan dengan orang yang ingin menjalankan pola makan sehat? Baca artikel kami tentang engage customer di media sosial.

Marketability (Kelayakan Pasar)
Pilihan topik Anda harus menghasilkan banyak minat dan permintaan. Bila Anda berusaha memenuhi minat semua orang, website Anda tidak akan memiliki arah yang jelas. Jadi pilih topik yang bisa Anda hubungkan ke audiens target. Bila skill Anda bisa membantu orang memecahkan masalah dalam hidup mereka, maka Anda bisa menulis untuk audiens ini.

Seperti contoh sebelumnya, industri kesehatan adalah niche yang bagus yang menawarkan banyak kesempatan untuk membuat suara Anda didengar. Selagi berpikir tentang topic marketability, juga pertimbangkan bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari konten yang Anda buat.

Apakah Anda memilih program CPM seperti Adsense? Apakah Anda akan menjual layanan Anda? Bila ya, apakah ada cukup permintaan untuk layanan Anda dan membuat Anda mendapat uang dari layanan yang Anda tawarkan tadi? Apakah Anda akan berafiliasi untuk menjual produk orang lain? Bila ya, apakah ada permintaan untuk produk tersebut?

Memilih Nama Untuk Blog Blogspot Anda

Setelah membuat keputusan untuk topik blog, kini waktunya menentukan judul, karena ini menjadi nama yang pembaca akan ingat di tahun-tahun ke depan. Hindari judul yang mudah dilupakan atau terlalu umum. Juga hindari nama yang terlalu spesifik dan sisakan ruang untuk pelebaran topik. Judul blog Anda harus mudah diingat, menarik perhatian, dan berhubungan dengan topik blog. Perhatikan 3 faktor berikut ketika memilih nama blog:

Gunakan kata deskriptif. Ini bisa berupa kata kunci yang paling menggambarkan konten Anda dan bagaimana manfaatnya untuk pembaca.
Gunakan nama brand. Sebagai alternatif, Anda bisa pilih nama brand. Ini adalah nama yang tidak deskriptif tapi pendek dan menarik perhatian. Anda bisa campurkan beberapa kata menjadi satu, seperti Face+Book atau bahkan kata seperti Pin+Interest=Pinterest. Degraeve jadi situs yang bisa membantu Anda mendapat kata keren baru yang bisa Anda gunakan.

Gunakan nama sendiri. Bila Anda menginginkan blog yang merepresentasikan diri Anda, Anda bisa pilih judul dengan nama sendiri.


Tulis daftar berisi setidaknya 7 hingga 8 nama judul yang bisa diterima. Bila nama Anda termasuk kata yang umum, kemungkinan orang lain sudah menggunakannya. Jadi sediakan judul alternatif sebelum Anda maju ke tahap selanjutnya. Baca artikel kami tentang tutorial pointing domain ke Blogspot.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika Ada Yang Kurang Mohon Dikoreksi di Kolom Komentar..
(Auto Approve)