JASA INSTALL ULANG LAPTOP/PC/KOMPUTER ON CALL DENPASAR/BADUNG - KONTAK KAMI DI: 082-339-33-1424 ATAU BERKIRIM EMAIL KE: SUARDANA@LIVE.COM

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Otak dan Mengobati Pikun

Memory harus selalu ada dalam otak untuk menyimpan berbagai macam informasi. Sayangnya, memory tak selalu mampu bekerja dengan baik, sehingga muncul “penyakit lupa” atau yang sering disebut sebagai pikun. Hal ini terjadi ketika otak mengalami penurunan kinerja sehingga tak mampu menggali informasi yang tersimpan atau bahkan kehilangan informasi tersebut selamanya.

Sebenarnya, olahraga adalah cara jitu melawan penyakit pikun. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga mampu meningkatkan kinerja otak
untuk menyimpan memory. Hasil penelitian ini di publish pada jurnal Current Biology.

Tata cara penelitian tentang hubungan antara olahraga dan otak ini adalah dengan membagi 72 responden dalam 3 golongan. Golongan pertama akan melakukan olahraga 35 menit setelah menerima informasi, golongan kedua akan melakukan olahraga 4 jam setelah memperoleh informasi dan golongan ketiga tidak melakukan olahraga sama sekali.

Dua hari kemudian, otak para responden dipindai dengan alat khusus untuk mengetahui aktivitas otak mereka. Hasilnya sangat mengejutkan. Responden yang melakukan olahraga 4 jam setelah menerima informasi memiliki aktifitas otak lebih tinggi. Hal ini membuktikan bahwa memang benar ada hubungan antara olahraga dan otak.

Salah seorang peneliti menyebutkan bahwa olahraga dapat meningkatkan kemampuan otak karena saat olahraga tubuh akan memproduksi dopamine dan norepinephrine. Dua senyawa inilah yang akhirnya memicu tubuh untuk memproduksi protein. Protein-protein inilah yang kemudian menyuplai kebutuhan otak dan kemudian mencadangkan sebuah ruang baru untuk menyimpan memory. Dengan adanya ruang penyimpanan ini, informasi akan tersimpan dengan baik dan tak akan hilang.

Lalu mengapa harus selang 4 jam? Jawabannya sangat sederhana, yaitu karena otak membutuhkan waktu yang cukup untuk mengkodekan informasi. Jadi, manfaat olahraga untuk otak tak akan didapatkan jika olahraga dilakukan segera setelah mendapat informasi.

Meski penelitian ini telah berhasil menunjukkan manfaat olahraga untuk otak, bukan berarti dapat disimpulkan bahwa olahraga dibutuhkan untuk memperkuat memori. Hal ini dikarenakan responden penelitian masih sangat sedikit. Akan tetapi para peneliti tetap berpendapat bahwa olahraga adalah salah satu cara jitu melawan penyakit pikun.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika Ada Yang Kurang Mohon Dikoreksi di Kolom Komentar..
(Auto Approve)