JASA INSTALL ULANG LAPTOP/PC/KOMPUTER ON CALL DENPASAR/BADUNG - KONTAK KAMI DI: 082-339-33-1424 ATAU BERKIRIM EMAIL KE: SUARDANA@LIVE.COM

Hati-hati Hypercam Ini Mampu Memotret Apa yang Tak Tampak oleh Mata Manusia

Perkembangan teknologi saat ini berjalan beriring dengan kemudahan peralatan yang makin canggih dan memudahkan segala aktivitas. Salah satu dari alat canggih tersebut adalah teknologi hypercam atau hyperspectral camera.

Hypercam ini merupakan kamera pintar yang dapat mengambil  gambar secara detail padahal foto tersebut tidak dapat dilihat secara kasat mata menusia.



Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari peta pixel, teknologi hypercam tersebut umumnya dipakai untuk melakukan deteksi detail dokumen lama atau lukisan kuno yang telah berumur ratusan tahun.


Kamera ini bekerja dengan metode pengumpulan data atau informasi melalui spectrum elektromagnetik yang terlihat dalam kondisi pencahayaan yang cukup. Melihat kecanggihan hypercam ini sudah pasti harganya tidak main-main, harganya tidaklah murah.



Untuk mendapatkan kamera dengan teknologi hyperspectral yang berharga mahal ini, rupanya juga memunculkan ide teknologi hypercam yang memiliki biaya yang lebih murah. Proyek hypercam ini adalah gabungan antara ilmuwan dari Universitas Washington dengan ilmuwan dari pihak Microsoft.

Cara kerja teknologi hypercam ini adalah dengan membidik 17 foto dari segala sudut dalam spectrum elektromagnetik. Kemudian ada alogaritma khusus pada hypercam ini difungsikan untuk mendapatkan detail dari masing-masing bidikan foto sehingga dapat dipilih salah satu yang menarik. Salah satu contoh jepretan dari hypercam ini yaitu foto kepalan punggung tangan manusia yang tampak detail pembuluh darahnya.



Untuk biaya dari kamera dengan teknologi hypercam ini, peneliti memakai kamera dengan harga Rp 11juta serta harga untuk membuat hiperspektral memerlukan sekiranya 50 USD. Namun teknologi canggih ini masih belum dapat dinikmati oleh masyarakat secara umum. Sebab hypercam ini masih berupa prototype yang masih akan dikembangkan oleh peneliti.



Bahkan harapannya nanti teknologi hypercam ini bisa dikombinasikan dengan smartphone yang saat ini sedang populer. Selain itu, harga yang lebih murah untuk hypercam ini tentu manfaatnya akan dapat dirasakan oleh semua khalayak.

Apalagi teknologi seperti ini pasti sangat membantu bila diaplikasikan dengan bidang kesehatan untuk memberikan hasil gambaran detail permukaan tubuh manusia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika Ada Yang Kurang Mohon Dikoreksi di Kolom Komentar..
(Auto Approve)