JASA INSTALL ULANG LAPTOP/PC/KOMPUTER ON CALL DENPASAR/BADUNG - KONTAK KAMI DI: 082-339-33-1424 ATAU BERKIRIM EMAIL KE: SUARDANA@LIVE.COM

Flag football Versi Aman American Football

Olahraga Flag football saat ini mulai banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia. Tetapi seperti apakah bentuknya?

Flag Football merupakan versi aman dari olahraga American Football. Mengapa bisa dikatakan demikian ? karena tackle untuk menjatuhkan lawan di American Football digantikan dengan menarik bendera atau flag yang diikatkan pada pinggang pemain.

Hal tersebut dimaksudkan untuk meminimalisir cedera yang diakibatkan tackle football.     

Perbedaan lainnya antara Flag Football dan American Football adalah jumlah pemain. Di Flag Football hanya terdapat 8 pemain pada masing-masing tim dilapangan. Selain itu tidak adanya field goal atau tendangan ke gawang untuk mencetak angka, dan peraturan teknis lainnya yang mengurangi tingkat kekerasan olahraga ini dibandingkan american football, seperti hanya boleh mem-block menggunakan telapak tangan terbuka, dilarang menubrukkan diri bagi ball-carrier atau pembawa bola, dan yang terpenting tidak boleh melakukan tackle.

Flag Football di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak tahun 2001 di Jakarta. Namun karena kesibukan para anggota menyebabkan olahraga ini vakum dalam waktu yang cukup lama. Hingga akhirnya kembali terbentuk pada 14 Februari 2009 dan terus melebarkan sayapnya ke kota-kota besar lain seperti Bandung, Bogor, Semarang, Jogjakarta, Surabaya, dan masih banyak lagi.

Dibawah nama Indonesian Flag Football Association atau biasa disingkat IFFA, Flag Football menjadi semakin berkembang dari sebuah komunitas kecil hingga menjadi olahraga yang patut diperhitungkan semenjak diadakannya kompetisi nasional bertajuk "National Friendly Games" (NFG) di Bandung pada tahun 2012.

Ajang itu dimaksudkan sebagai sarana untuk menjalin persahabatan antar regional.

Melihat antusiasme peserta pada saat itu, akan diadakan kejuaran Merdeka Bowl, yakni turnamen untuk memperebutkan titel regional terbaik yang selalu bertempat di Ibukota Jakarta.

Disusul kemudian kejuaran College Bowl, kompetisi nasional yang lahir berkat buah pikiran anggota-anggotanya yang berstatus sebagai mahasiswa.

Untuk NFG dan College Bowl telah dilaksanakan sebanyak tiga kali. Sedangkan untuk Merdeka Bowl baru terlaksana sebanyak dua kali.

Tags :
olahraga, sepak bola, soccer, lapangan hijau, kejuaraan, jakarta, regional, football club, indonesia

berbagai sumber

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika Ada Yang Kurang Mohon Dikoreksi di Kolom Komentar..
(Auto Approve)