JASA INSTALL ULANG LAPTOP/PC/KOMPUTER ON CALL DENPASAR/BADUNG - KONTAK KAMI DI: 082-339-33-1424 ATAU BERKIRIM EMAIL KE: SUARDANA@LIVE.COM

Udeng, Ikat Kepala khas Kaum Pria Pulau Dewata Bali

Udeng, Ikat Kepala khas Kaum Pria Pulau Dewata Bali

Dalam aktifitas masyarakat Hindu di Bali tentu penggunaan Udeng merupakan salah satu ciri khas yang digunakan oleh para laki-laki. Udeng adalah sehelai kain yang biasanya diikatkan di kepala laki-laki dengan bentuk dan corak berwarna – warni (putih,hitam,batik dll).

Seperti juga daerah-daerah lain di Indonesia, masyarakat Bali pun memiliki busana tradisional. Salah satunya adalah udeng, ikat kepala yang dikenakan kaum pria Bali. Udeng umum dikenakan oleh masyarakat dari berbagai lapisan masyarakat. Baik kalangan bangsawan maupun orang biasa, dari anak-anak hingga sesepuh, seluruh masyarakat Bali menggunakan ikat kepala ini.

Udeng memiliki simbol sebagai “Ngiket Manah” (memusatkan pikiran) yang merupakan sumber penggerak panca indera.Tiap-tiap lekukan udeng memiliki makna, yaitu :

Lekuk dikanan lebih tinggi daripada dikiri berarti hendaknya kita lebih banyak melakukan hal yang baik (dharma) dari pada berbuat buruk (adharma)
Ikatan ditengah – tengah kening bermakna memusatkan pikiran kita.
Ujung keatas melambangkan Pemikiran Lurus keatas untuk memuja Tuhan Yang Maha Esa.
Udeng sebagai kelengkapan busana adat bali dan sembahyang, udeng memiliki simbol Ketuhanan orang Bali yang menyatukan Tri Murti dalam simpul “nunggal”,

Tarikan ujung kain kanan melambangkan Wisnu,
Tarikan ujung kain kiri melambangkan Brahma,
Ujung kain diatas yang ditarik kebawah melambangkan Siwa,
Artinya orang bali men-Tuhan kan Tri Murti sebagai satu kesatuan yang utuh dalam perlambang udeng yang digunakan. Dengan menggunakan udeng secara garis besarnya disebutkan hendaknyalah kita selalu berbuat yang baik sehingga nantinya kita dapat bersatu dengan-Nya (Moksa)

***

Jenis-Jenis Udeng

Udeng dalam makna pakaian adat ke pura disebutkan secara umum dibagi tiga yakni:

#Udeng jejateran (udeng untuk persembahyangan) menggunakan simpul hidup di depan, disela-sela mata, sebagai lambang cundamani atau mata ketiga.

#Udeng dara kepak, masih ada bebidakan tetapi ada tambahan penutup kepala yang berarti symbol pemimpin yang selalu melindungi masyarakatnya dan pemusatan kecerdasan.

#Udeng beblatukan (dipakai oleh pemangku) tidak ada bebidakan, hanya ada penutup kepala dan simpulnya di belakang dengan diikat kebawah sebagai symbol lebih mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi.

***

Udeng terbuat dari kain dengan ukuran panjang kurang lebih sekitar setengah meter. Pembuatan udeng memerlukan keahlian tersendiri, maka dari itu umumnya udeng diproduksi di daerah-daerah tertentu. Perajin udeng dan kerajinan-kerajinan berbahan kain lainnya banyak diproduksi di daerah Karangasem. Salah satu desa yang terkenal karena kerajinan kain adalah Desa Sidemen.

Berkunjung ke desa ini, dapat ditemukan udeng dalam berbagai motif, mulai dari polos, ornamen metalik, corak batik, serta corak lain yang lebih modern.

Udeng memiliki bentuk asimetris bilateral dengan sisi sebelah kanan lebih tinggi dari sisi kirinya. Bentuk asimetris ini memiliki makna filosofis setiap orang harus berusaha melakukan kebajikan (kanan).

Kaum pria Bali menggunakan udeng dalam banyak aktivitas keseharian mereka. Masyarakat menggunakan udeng baik dalam pertemuan informal, acara-acara resmi, hingga ritual peribadahan dan upacara keagamaan. Ketika beribadah di pura, udeng digunakan untuk mencegah adanya rambut yang rontok dan dapat melanggar kesucian pura. Udeng yang digunakan saat beribadah umumnya berwarna putih polos.
Udeng Motif Putif Variasi
***
Harga : Rp 100.000
Whatsapp : 082339331424
Udeng Full Jadi Motif Hitam Variasi
berbagai macam warna dan motif terbagus dan keren murah
***
Harga : Rp 150.000
Whatsapp : 082339331424

Udeng Full Jadi Motif  Biru Variasi
berbagai macam warna dan motif terbagus dan keren murah
***
Harga : Rp 150.000
Whatsapp : 082339331424
Udeng Full Jadi Motif  Variasi
berbagai macam warna dan motif terbagus dan keren murah
***
Harga : Rp 150.000
Whatsapp : 082339331424


Udeng dan Saput Putih Untuk Ke Pura
***
Harga : Rp 200.000
Whatsapp : 082339331424

Setelan Saput Dan udeng dengan kombinasi warna hitam putih motif + Udeng Bahan dasar putih dengan kombinasi di bagian tepi. Udeng Full Jadi. Ukuran remaja dan dewasa


udeng batik ukuran panjang 150cm
***
harga : Rp. 80.000,-
whatsapp : 082339331424



Udeng hitam lis merah 
Bahan : KTSM katun 
Ukuran :setengah jadi model ikat dewasa
***
Harga : Rp. 80.000,-
Whatsapp : 082339331424



udeng saput poleng garis
udeng ukuran setengah jadi. panjang 150cm
saput ukuran 140cm. tepi songket sesuai gambar
***
Harga : Rp. 200.000,-
WhatsApp : 082339331424



Udeng putih bordir bali.
Ukuran dewasa model ikat. 
Bahan katun. 
Coba 1 dijamin bagus
***
Harga : Rp. 100.000,-
Whatsapp : 082339331424

Tag :
udeng jawa
harga udeng bali
cara membuat udeng bali
filosofi udeng bali
udeng bali modern
jual udeng bali denpasar
udeng bali terbaru
jual udeng endek

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
andy pradana
March 19, 2017 at 10:38 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Jika Ada Yang Kurang Mohon Dikoreksi di Kolom Komentar..
(Auto Approve)