JASA INSTALL ULANG LAPTOP/PC/KOMPUTER ON CALL DENPASAR/BADUNG - KONTAK KAMI DI: 082-339-33-1424 ATAU BERKIRIM EMAIL KE: SUARDANA@LIVE.COM

Tips Sederhana Yang Bisa Dilakukan Untuk Mencegah Kecelakaan

Kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan dimana saja yang mayoritas disebabkan oleh kelalaian manusia sendiri. Selain itu, faktor lain penyebab kecelakaan pun bermacam macam, apalagi ketika berada di jalanan.

Namun, hal hal sederhana berikut dapat menyelamatkan nyawa agan ketika berada di jalanan serta mengurangi tingkat kecelakaan.



Memakai Sabuk Pengaman dan Helm
Salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah memasang sabuk pengaman dan helm gan. Sepele, tapi sangat dibutuhkan.
Hampir semua pengendara yang kecelakaan karena ga make helm ataupun sabuk pengaman bakalan nyesel gan.
Selain itu, bisa mengurangi terjadinya tilangan oleh polisi yang sedang melintas gan

Kurangi Kecepatan
Hampir kecelakaan mayoritas terjadi karena si pengendara melaju dengan kecepatan tinggi.
Ketika terdapat kendaraan lain atau orang lain, otomatis kita akan reflek menghindari kendaraan tersebut atau mungkin kita tidak bisa berbuat apa apa sehingga kecelakaan pun terjadi.
Hal inilah yang membahayakan diri kita sendiri, orang lain, serta tentunya kendaraan kita gan.
Meskipun kita bisa menghindari, namun dengan kecepatan tinggi,
sangat membahayakan juga gan.

Hindari Berkendara Ugal Ugalan
Biasanya yang ngelakuin ini seorang sopir, namun tak jarang pengguna kendaraan motor atau mobil pun juga banyak yang ugal-ugalan.

Entah karena terburu-buru mengejar waktu atau penumpang, ugal-ugalan dapat membahayakan diri sendiri serta orang banyak gan.

Dengan ugal ugalan juga, dapat merusak konsentrasi pengguna jalan lain, apalagi penumpangnya. Hal inilah yang membuat seringnya terjadi kecelakaan karena ugal-ugalan

Hindari Minuman Beralkohol dan Mabuk Saat Berkendara
Nah kalo yang ini persentase kecelakaannya sangat tinggi gan. Ketika ente mabuk, pikiran ente udah kemana mana, jalanan udah ngga focus sama sekali.
Hal inilah yang membuat seringnya kecelakaan karena berkendara dalam keadaan mabuk. Selain itu, hal itu juga bisa membuat agan ditahan polisi ketika sialnya tertangkap mereka.



Kurangi Kebut-Kebutan
Ketika sedang kebut kebutan dengan kendaraan lain, besar kemungkinan agan akan lalai dengan keadaan lalu lintas, oleh karena itu sangat berbahaya untuk kebut kebutan dengan kendaraan lain, apalagi ketika keadaan lalu lintas ramai, bisa membahayakan kendaraan yang melaju dari arah berlawanan atau yang berada di belakang ente gan



Patuhi Rambu Lalu Lintas
Ini yang juga penting diperhatikan, karena jaman sekarang banyak yang melalaikan rambu lalu lintas, apalagi menerobos lampu lalu lintas.
Selain untuk menghindari terjadinya kecelakaan, lampu lalu lintas juga berguna bagi pejalan kaki yang mau melintas gan.
Selain itu, menerobos lampu lalu lintas bisa menyebabkan agan ditilang polisi, jika mereka berada di sekitar TKP

Saliplah Kendaraan Ketika Berada Pada Waktu Yang Tepat
Hampir sama seperti poin no 4, menyalip kendaraan butuh kesabaran dan ketepatan waktu gan, karena jika lalai bisa berabe ntar urusan.
Menyalip kendaraan juga perlu memperhatikan kendaraan dari arah yang berlawanan, serta kendaraan yang ada di belakang kita.
Bahaya jika tidak benar benar memperhatikan arus lalu lintas yang ada, karena kemungkinan besar bisa terjadi tubrukan dari arah berlawanan atau kendaraan di belakang kita yang juga ingin menyalip gan

Hindari Rem Mendadak
Nah ini yang juga kerap terjadi gan, ketika lalu lintas yang padat dan ramai dan saat itu pula haruslah berhati hati serta kurangi rem mendadak.
Sangat berbahaya jika ente rem kendaraan agan secara mendadak karena besar kemungkinan untuk ditubruk kendaraan dibelakang agan serta parahnya bisa lebih dari 1 kendaraan gan efeknya.
Oleh karena itu, menjaga kestabilan kecepatan sangat perlu gan, agar tidak tejadi adanya rem mendadak ketika lalu lintas sedang ramai dan padat



Selalu Cek Kondisi Kendaraan
Nah ini yang jarang kita lakukan gan, mengecek kendaraan sebelum bepergian. Penting untuk selalu cek kendaraan agan, entah untuk perjalanan dekat maupun jauh.
Salah satu yang bisa kita lakukan adalah mengecek kondisi ban bagi para pengendara motor atau mobil, karena sangat berbahaya jika ban tiba tiba bocor di tengah perjalanan gan.
Disamping itu, mengecek kondisi kendaraan dapat mengurangi rasio rusaknya kendaraan secara fatal, sehingga kita dapat menyervis kendaraan kita sebelum terlanjur parah

Berdoa
Yang terakhir tentunya Berdoa gan. Selain karena usaha kita untuk mengurangi kecelakaan, tentunya kita tidak bisa menghindari sebuah kecelakaan tanpa adanya pertolongan dari Yang Maha Kuasa gan.
Penting banget untuk berdoa baik sebelum, ketika, maupun sesudah berkendara gan, selain untuk menghindari kecelakaan, berdoa dapat menentramkan hati bagi pengendara juga gan.
Itulah hal sederhana yang dapat agan lakukan untuk mengurangi terjadinya kecelakaan bermotor. Sebagai pengguna motor yang bijak sudah selayaknya kita mematuhi segala peraturan yang ada serta selalu berhati-hati dalam berkendara.




























Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika Ada Yang Kurang Mohon Dikoreksi di Kolom Komentar..
(Auto Approve)