JASA INSTALL ULANG LAPTOP/PC/KOMPUTER ON CALL DENPASAR/BADUNG - KONTAK KAMI DI: 082-339-33-1424 ATAU BERKIRIM EMAIL KE: SUARDANA@LIVE.COM

Minum Kopi, Performa Latihan Ketahanan Bisa Meningkat 24 Persen

Georgia, Latihan ketahanan tubuh (endurance training) adalah bentuk olahraga yang sering dilakukan oleh para atlet untuk meningkatkan staminanya. Latihan biasanya menitikberatkan pada kerja sistem kardiovaskuler dan pernapasan.

Sebelumnya opini di dunia sains menyebut bahwa sifat kafein yang stimulan bisa mendorong performa atlet lebih baik namun harus dikonsumsi dalam bentuk murni (pil) bukan lewat kopi. Alasan mengapa harus demikian diduga mungkin karena ada senyawa lain dalam kopi yang berperan menghalangi kerja kafein.

Nah berkaitan dengan hal tersebut ada studi terbaru dari peneliti di University of Georgia, Amerika Serikat, yang melakukan kajian literatur antara kopi dan latihan ketahanan tubuh. Pemimpin studi Simon Higgins mengkaji setidaknya 600
studi mengenai kopi dan 9 studi yang spesifik mempelajari hubungan antara kopi dan performa olahraga.


Dari studi-studi yang telah ada Higgins menemukan bahwa mengonsumsi 2-5 cangkir kopi atau 3-7 miligram kafein satu jam sebelum olahraga bisa meningkatkan performa latihan ketahanan sampai 24 persen. Ini artinya manfaat bisa diperoleh tanpa atlet harus khusus minum pil kafein.

"Ini adalah temuan yang membantu para atlet karena kopi merupakan sesuatu yang alami. Ada potensi mendapatkan kafein lewat minum kopi punya manfaat untuk latihan ketahanan yang sama seperti mengonsumsi pil kafein," kata Higgins dalam laporannya di International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, dikutip dari Medical News Today pada Selasa (29/12/2015).

Kopi sendiri dalam studi yang lain disebut memiliki manfaat dalam mencegah  risiko untuk kondisi seperti penyakit jantung, bunuh diri, diabetes, dan parkinson. Manfaat yang baik untuk tubuh baik itu bisa diperoleh dari kopi yang berkafein atau tidak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Jika Ada Yang Kurang Mohon Dikoreksi di Kolom Komentar..
(Auto Approve)